Senin, 19 September 2022

PERKEMBANGAN TEORI MANAJEMEN PENDIDIKAN

 

Perkembangan Teori Manajemen Pendidikan

            Sesungguhnya mulai kapan para pelaku (manajer) berkecimpung dan memikirkan upaya terbaik dalam aktivitas manajemen tertuang  dalam sejarah perkembangan manajemen dalam kurun waktu tertentu. Manajemen adalah praktik melaksanakan usaha terbaik sehingga dari sejarah pemikiran manajemen kita dapat belajar dari kegagalan dan keberhasilan orang-orang terdahulu yang menerapkan konsep manajemen berdasarkan pemikiran pada kurun waktu tertentu dengan kasus tertentu pula.

Perkembangan pemikiran manajemen sebagai praktik yang dilandasi konsep teori adalah sebagai berikut:

Aliran

Periode waktu

penggagas

Pengikut/pengembang

Teori manajemen

Manajemen ilmu (scientific management)

1890-1930

Fredrick A. Taylor

Henry L. Gantt, Frank, Lilian Gilbert, dan Harington Emerson

Menerangkan secara ilmiah metode terbaik untuk melaksanakan tugas apapun dan untuk menyeleksi, melatih, dan memotivasi

Organisasi klasik (teori manajemen-operasional modern)

1900-1940

Henry Fayol

Jame D. Mooney, Mary Parker Follett, Herbert Simon, Chester I Barnard

14 prinsip dan keterampilan yang mendasari menajemen yang efektif

Hubungan manusiawi dan teori perilaku (behavioral aciences)

1924-1950

Hawthorne Study

Elton Mayo, Fritz J. Roethlisberger, Max Weber, Vilfredo Paretpo, William J. Dickson, Hugo Munsterberg, Abraham Maslow, Mc Gregor

Kemungkinan bahwa yang menerima perhatian khusus akan bekerja lebih baik hanya karena mereka menerima perhatian tersebut

Teori sistem (system approach

1940-sekarang

Chester I Barnard

William A. Shorde & D. Voich

Organisasi sebagai sistem yang dipersatukan dan diarahkan dari bagian-bagian yang saling berkaitan

Teori kontingensi

1950-sekarang

Hersey And Blanchard

Vroom & Yetton Charles Kindle berger

Teknik manajemen yang paling baik dalam mencapai tujuan sangat tergantung pada situasi dan lingkungan yang berbeda.

 

Referensi:

Prof. Dr. H. Dadang Suhardan, Nugraha Suharto, M.Pd, dkk, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2013, cet. 6, hlm. 95-96

Tidak ada komentar:

Posting Komentar